fbpx

3 Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli (Genuine Leather)

Tas kulit mewah merupakan hasil akhir dari pengerjaan yang detail dan rumit. Karena itu, harganya juga eksklusif sepadan dengan kualitas yang diperoleh. Bagi Anda para pecinta koleksi tas kulit asli atau genuine leather, sudah seharusnya memahami cara merawat tas kulit dengan sangat hati-hati. Apalagi, iklim tropis di Indonesia cenderung lembab dan panas membuat tas genuine leather lebih rentan terkena perubahan suhu ekstrim. 

Nah, bagaimana cara ideal merawat tas genuine leather? Berikut beberapa aturan umum yang bisa diikuti agar tas genuine leather lebih awet. Baca sampai akhir, yuk!

 

Cara Merawat Tas Genuine Leather

Tas kulit berkualitas dibuat oleh pengrajin tas kulit berpengalaman. Jadi, harus dirawat dengan benar. Jika tidak, dapat mengurangi penampilannya. 

Cara merawat tas kulit asli sebenarnya tidak sulit. Mari, kita simak beberapa tips di bawah ini!

1. Perlengkapan yang perlu disiapkan: 

  • Kain lembut dan bersih.
  • Pembersih khusus tas kulit.
  • Kondisioner khusus tas kulit.
  • Kertas perkamen atau bubble wrap. 
  • Dust bag (sarung bantal jika tidak ada).

2. Cara Membersihkan Tas Kulit 

Sebelum membersihkan tas genuine leather, pastikan tangan kita sudah bersih. Sebab, tas kulit rentan menyerap minyak, lemak, atau noda cairan. 

Tas kulit cukup dibersihkan memakai leather cleaner dengan mengelap secara hati-hati. Baik, tas kerja, tas laptop, tas ransel, atau tas clutch berbahan kulit, dapat dilap dengan kain lembut yang sedikit disemprotkan cairan pembersih khusus. Hindari memakai pembersih berbahan alkohol karena rentan membuat tas atau dompet kulit menghitam saat kering. 

Satu atau dua kali setahun, lakukan pembersihan secara menyeluruh di bagian dalam, bagian kantong, dan komponen tas lainnya untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. 

Bersihkan tas genuine leather dengan gerakan melingkar dan bersihkan memakai kain bersih yang lembab untuk menghindari penyumbatan pori-pori pada material genuine leather.

3. Cara Memberikan Perawatan Rutin Pada Tas Kulit

Kondisioner atau lotion dapat membantu merawat kualitas barang material kulit seperti tas, sepatu, jaket, atau topi, dan lainnya. Tanpa kondisioner, biasanya tas genuine leather dapat berubah kering seiring waktu akibat perubahan suhu ekstrim. 

Untuk mencegah tas kulit berkerut atau mengelupas, aplikasikan kondisioner khusus tas kulit memakai kain yang lembut. Kemudian, gosokkan secara perlahan ke seluruh permukaan tas. 

Bergantung cuaca atau kelembaban iklim di wilayah Anda, oleskan kondisioner minimal 1x per bulan atau 2x setahun. Perawatan ini akan menjaga tas kulit tetap lembut dan awet seperti baru. 

Bila tas kulit terkena cairan, bersihkan atau lap dengan tisu sesegera mungkin. Hindari mengeringkan dengan hair-dryer, biarkan mengering alami, lalu oleskan kondisioner.

4. Cara Menyimpan Tas Kulit

Setelah selesai membersihkan dan mengoleskan kondisioner, sekarang saatnya menyimpan tas kulit Anda. Sebelumnya, isi tas genuine leather dengan bubble wrap atau kertas perkamen. 

Perlu diingat, sebaiknya hindari kertas koran karena dikhawatirkan warna tinta koran akan luntur dan mengenai tas kulit. Mengisi tas kulit dengan bubble wrap dapat membantu mempertahankan bentuknya tetap bagus. 

Kemudian, masukkan tas genuine leather ke dalam dust bag aslinya. Dan, simpan di kotak atau dus dengan paket gel silika (silica gel) untuk mencegah jamur atau kelembaban tinggi. 

Jangan lupa, angin-anginkan tas genuine leather setiap dua minggu sekali untuk mencegah pertumbuhan jamur. 

***

Itulah beberapa tips merawat tas dari genuine leather yang bisa Anda ikuti. Sediakan pembersih dan kondisioner khusus tas kulit yang berkualitas agar perawatan tas kulit semakin maksimal. Selamat mencoba tipsnya, Ginding Lovers!

Leave a Reply

Your email address will not be published.