fbpx

Kenali Produk Fashion dari Kulit Asli, Begini Cara Mengidentifikasinya

Jangan ngaku fashionista sejati bila belum menggunakan aksesoris  dari bahan kulit asli (genuine leather) agar penampilan makin trendi. Itulah sebabnya, banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki item fashion berbahan kulit asli. 

Tapi sayangnya, agak sulit membedakan antara produk bahan kulit asli dan kulit sintetis. Jangan khawatir, Ginding Leather sebagai penyedia berbagai produk fashion genuine leather berkualitas tinggi dan 100% orisinal siap membantu Anda. 

Supaya tak keliru membeli produk bahan kulit abal-abal, di postingan kali ini Ginding Leather akan memberikan tipsnya. Simak cara mengidentifikasi produk bahan kulit asli dan sintetis, yang dilansir dari berbagai sumber berikut:

Menyentuh Tekstur Produk Kulit

Cara mudah mengidentifikasi produk berbahan kulit asli, yakni dengan meraba atau menyentuh produknya sebelum memutuskan membeli produk tersebut. 

Umumnya produk berbahan kulit asli mempunyai tekstur berpori-pori, kasar, dan ada kerutan, tergantung dari bagaimana kulit asli hewan tersebut. 

Berbeda dengan produk dari bahan dasar kulit sintetis, umumnya mempunyai tekstur lembut, mulus, dan tanpa pori. Apabila ada cacat akan terlihat layaknya plastik.

Mencium Bau Produk Kulit

Cara kedua mengenali ciri-ciri produk bahan kulit asli, yakni dengan mencium aroma produk tersebut.

Ketika pergi ke toko tas kulit atau sepatu kulit, usahakan mencium aroma produk kulit tersebut terlebih dahulu, supaya tak keliru membeli.

Yang perlu diingat, produk dari bahan dasar kulit asli mempunyai aroma kulit alami dari hewan, sedangkan produk bahan kulit sintetis mempunyai aroma seperti plastik.

Meneteskan Air Pada Produk Kulit

Adapun cara lain, yakni dengan meneteskan sedikit air pada produk kulit tersebut. Akan tetapi, jangan dilakukan ketika berada di toko produk tersebut. 

Lakukan tes ini saat sudah membeli atau mempunyai barang yang bahan dasar kulit, supaya kalian tak dimarahi penjual ketika berada di toko.

Umumnya produk yang dibuat dari kulit asli mudah menyerap air, berbeda dengan produk dari kulit sintetis akan membuat air menggenang di atas produk yang telah ditetesi air.

Melipat Produk Kulit

Selanjutnya, cara mengidentifikasi produk dari kulit selain menyentuh produknya, yakni dengan sedikit melipat produk kulit tersebut. 

Umumnya produk yang dibuat dari bahan kulit asli, nantinya mudah meninggalkan bekas atau kerutan, dan ada perubahan warnanya setelah dilipat.

Berbeda dengan produk yang dibuat dari bahan kulit sintetis, umumnya akan susah dilipat sebab bahannya kaku dan tak meninggalkan kerutan.

Membakar Produk Kulit dengan Api

Cara terakhir mengidentifikasi produk kulit asli yang mungkin terdengar cukup ekstrim, yakni membakar dengan percikan api. Hal ini tentunya tak wajib dilakukan, bahkan tak boleh dilakukan ketika berada di toko. 

Melakukan tes dengan percikan api tentunya harus siap dengan resiko pada produk milik kalian.

Kalian dapat menyalakan api dengan korek atau lilin, kemudian dekatkan produk berbahan kulit, hanya 5-10 detik saja.

Umumnya produk bahan kulit asli nantinya sedikit hangus dan mempunyai bau seperti rambut yang terbakar. Berbeda dengan kulit sintetis yang langsung terbakar dan mempunyai bau seperti plastik gosong.

 

***

 

Bagaimana sudah tahu kan, cara mudah mengidentifikasi produk berbahan kulit asli dengan kulit sintetis? Semoga cara di atas membantu kalian supaya tak tertipu dan lebih berhati-hati saat memutuskan membeli produk kulit. 

Dapatkan produk fashion dari bahan dasar kulit asli dengan motif yang unik hanya di Ginding Leather. Kunjungi Shopee Ginding Leather sekarang juga! Atau hubungi Whatsapp +62 857 1782 3367 untuk info lebih lanjut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.