fbpx

Jenis Bahan Kulit Berdasarkan Asal Bahan

Jenis bahan kulit berdasarkan asal bahan – Kulit mempunyai ciri-ciri dan karakteristik tersendiri yang berbeda di setiap lembarnya. Tergantung dari mana bahan kulit itu berasal. Kamu harus tahu ciri dari setiap jenis kulit ini agar tidak salah saat membelinya. 

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai penggolongan jenis dan sedikit sejarah mengenai kulit. Maka pada kesempatan ini kita akan membahas pembagian jenis kulit berdasarkan asal bahan.

Kulit Kambing (Goatskin)

raw-goat-skin-500x500
https://5.imimg.com/data5/LA/RQ/MY-27012213/raw-goat-skin-500×500.jpg

Salah satu bahan kulit dapat berasal dari hewan Kambing. Jenis bahan kulit ini mempunyai ciri-ciri:

  • Warna bahan sedikit kusam.
  • Teksturnya yang kurang begitu lentur.
  • pori-pori agak besar, dan semakin besar saat lembaran tersebut direntangkan.
  • berbau khas kambing.
  • saat dibuat pakaian akan terdapat banyak sambungan.

Kelebihan dari bahan kulit yang terbuat dari kulita kambing biasanya kuat, halus, awet dan lebih ringan bila dibandingkan dengan kulit sapi dewasa.

Kulit Sapi Muda (Calfskin)

Bahan kulit lainnya dapat berasal dari Sapi Muda. Kulit sapi muda ini biasanya digunakan dalam produksi tas atau sepatu. Beberapa ciri yang membedakan kulit sapi muda dengan jenis kulit lain adalah:

  • Bertekstur halus.
  • Lembut dan tipis.
  • kurang terlalu lentur bila dibandingkan dengan kulit kambing.
  • warna terang.

Kulit Domba (Lambskin)

Jenis bahan kulit yang berasal dari kulit domba di Indonesia sangatlah terkenal. Terutama kulit domba yang berasal dari daerah Garut Jawa Barat. Keunggulan dari kulit domba yang paling membuatnya cukup populer adalah karakteristiknya yang lentur dan nyaman digunakan, tidak berbau serta memiliki sambungan yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan bahan kulit kambing.

Ciri-ciri kulit domba adalah porinya yang begitu kecil hampir sama dengan pori manusia serta bobotnya yang cukup berat.

Kulit Bison (Buffalo Leather)

Jika kamu gemar otomotif, pastinya akan familiar dengan jaket kulit dari bahan kulit bison ini. Kulit bison sangatlah kuat, sehingga dapat melindungi pengendara dari goresan secara langsung pada kulit jika sampai terjatuh.

Bila diperhatikan, kulit bison akan memiliki pola dan tekstur yang unik. Hampir seperti kulit katak.

Kulit Kadal (Lizard Skin)

Kulit kadal termasuk dalam kulit eksotis. Bersamaan dengan kulit buaya, spesies ular, spesies lizard, ocelot, jaguar, dan juga termasuk ostrich.

Kulit kadal lebih tipis dibanding kulit eksotis lainnya namun tidak memiliki kandungan kalsium sehingga lebih fleksibel dan lembut.

Kulit Buaya (Crocodile Leather)

Jenis bahan kulit selanjutnya berasal dari buaya. Jenis ini termasuk jajaran kulit mahal (premium). Mahalnya kulit yang berasal dari bahan kulit buaya ini setara dengan pesonanya, kelangkaan serta proses produksi yang cukup rumit.

Membedakan kulit buaya dengan kulit hewan lainnya sangat mudah, mengingat corak kulit buaya memang sangat berbeda dengan kulit hewan lainnya. Hal yang sulit adalah membedakan kulit buaya yang asli dan palsu. Kulit buaya akan sangat elegan jika dibuat dompet, sabuk, sepatu bot dan tas.

Kulit Kanguru (Kangaroo Leather)

Jenis bahan kulit dari kulit kanguru merupaka jenis bahan kulit yang paling kuat. Namun, meskipun paling kuat ternyata ukuran kulit kanguru lebih kecil dari kulit sapi dan kambing.

Kulit Chamois

Chamois merupakan jenis kambing gunung yang berasal dari Eropa. Kulit chamois dikenal juga dengan wash-leather atau shammy. Namun jika di Indonesia kulit chamois kurang begitu populer.

Kulit Ular (Snake Skin)

Kulit ular juga dapat dijadikan bahan dasar kain. Kecantikan kulit dari bahan ular ini terletak pada coraknya yang bermacam-macam. Ciri khas kulit ular adalah memiliki tekstur yang lembut, halus dan tipis. Namun kekurangan kulit ular adalah tidak begitu kuat sehingga biasanya hanya untuk ikat pinggang dan tas.

Kulit Shell Cordovan

Kulit sheell cordovan terbuat dari kulit kuda bagian belakang. Padat, mengkilap, keras dan kuat.

Kulit Burung Unta (Ostrich Leather)

https://images.harpersbazaar.co.id/unsafe/trim/0x0/smart/media/jgZGAT_shutterstock_60104704.jpg

Kenis bahan kulit ini selanjutnya sangat unik, karena berasal dari kulit burung. Bahan kulit dari burung unta memiliki harga yang cukup mahal, mengingat proses produksinya yang cukup rumit.

Jika kamu melihat kulit dengan pola bintik bintik menyebar tanpa pola, itulah yang dinamakan kulit burung unta.

Kulit Babi

Jenis bahan kulit berdasarkan asal yang terakhir berasal dari hewan yang dikonsumsi oleh sebagian orang, Babi. Namun bagi pemeluk agama Islam, Babi adalah hewan yang dihindari berikut seluruh produk turunannya.

Untuk itu, sangat disarankan untuk mengetahui ciri ciri kulit babi.

  • pertama, kulit babi memiliki titik titik atau pori yang mengelompok.
  • kelompok titik ada tiga buah yang jika diperhatikan akan membentuk segitiga.
  • teksturnya lembut.
  • biasa digunakan untuk lapisan produk.
  • berwarna cerah dengan warna dominan putih atau warna cerah.
  • seringkali made in Cina, Korea dan Jepang.

Ginding Leather ⁣⁣⁣

⁣Progressive, Stylish. ⁣⁣⁣
info : ⁣085717823367 (whatsapp) ⁣⁣
⁣

Leave a Reply

Your email address will not be published.