fbpx

Jenis Bahan Kulit Berdasarkan Tingkat Kualitas

Bahan kulit berdasarkan tingkat kualitas

Berbagai bahan kulit juga akan dikategorikan dalam kelas-kelas tertentu yang menunjukan kualitas dari bahan tersebut. Sebelumnya, perlu kita ketahui dahulu bahwa setiap kulit sapi yang akan masuk dalam proses pabrik biasanya memiliki ketebalan 6-10 mm. kemudian, pengolahan ditentukan berdasarkan oleh pesanan dari customer yang biasanya dalam hal ini adalah pemilik brand.

Misalkan, jika custumer menginginkan kulit setebal 3 mm, maka bahan kulit tersebut akan masuk ke proses pemotongan sesuai dengan permintaan. Proses pemotongan ini akan diambil dari bagian paling teratas bahan kulit tersebut setebal 3 mm. Jadi, dapat dikatakan bahwa bagian kulit teratas adalah bagian terbaik dari kulit. Karakteristik kulit teratas ini memiliki serat yang maksimal (full grain).

Full Grain Leather

Jenis full grain leather ini masuk kedalam kategori premium. Full grain leather ini terdiri atas serat/urat paling lengkap dan penuh. Kulit full grain ini terletak pada bagian kulit paling atas.

Jaminan kualitas full grain tak diragukan lagi. Ketahanan dan durability-nya paling bagus dibanding kualitas kulit yang lain.

Top Grain Leather

Ciceroleather.com
Ciceroleather.com

Satu tingkat dibawah full grain, ada yang disebut dengan kualitas top grain. Pengambilan top grain ini dilakukan setelah full grain. Pada tingkat kualitas ini material kulit masih memiliki serat namun tidak sepenuh versi full grain.

Pemilik brand yang nakal biasanya mengatakan produk top grain-nya dengan kualitas full grain dan banyak dari pembeli yang tidak mengetahuinya karena perbedaannya yang tidak mencolok.

Split Grain Leather

Split Grain Leather biasa digunakan untuk produksi kulit suede yang pada akhirnya dibuat untuk ikat pinggang, dompet dan tas. Split Grain Leather diambil dari sisa potongan atas (top cut). Yang perlu diperhatikan, Split Grain Leather sudah tidak memiliki unsur serat sama sekali.

Genuine Leather

Genuine Leather diartikan jenis bahan kulit satu ini memang berarti kulit asli. Namun sebenarnya ini adalah jenis kulit yang bisa dibilang jelek  (satu tingkat diatas kulaitas terendah). Penjual seringkali menutupi fakta tersebut.

Genuine Leather memang kulit asli namun tidak diambil dari bahan terbaik. Jika kamu membeli barang dan tertulis Its made from Genuine Leather atau Terbuat dari Genuine Leather”, kamu harus pikir pikir ulang dulu sebelumnya.

Saran kami, daripada membeli kulit asli namun kualitasnya paling jelek, lebih baik beli kulit sintetis sekalian namun dengan kualitas tinggi.

Lebih jauh kamu harus tahu jika Genuine Leather merupakan bagian kulit sisa yang sangat murah dan bahkan harus melewati banyak proses agar dapat dibuat produk lagi.

Bonded Leather

Urbanstate.com
Urbanstate.com

Jernis bahan kulit yang berdasarkan tingkat kualitas yang terakhir adalah Bonded LeatherBonded Leather tidak memiliki serat kulit sama sekali sehingga sangat rentan putus putus dan terburai. Bentuknya juga bukan lagi lembaran.

Bonded Leather akan diproses lebih lanjut dengan dicampur polyurethane atau latex agar dapat dibuat produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.